Selasa, 26 Februari 2013

Hacker Adalah


                 

Hacker
adalah Seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer, atau jaringan komputer, dan Hacking adalah sikap dan kemampuan yang pada dasarnya harus dipelajari sendiri. (y3dips || echo.or.id)

Mas, cara hack fb gmana? facebook cewekku kena hack..hiks.. :( daaaan masih banyak lagi obrolan tentang hacker yang sering bergema dan cenderung mengotori hakikat hacker itu sendiri. 

Sedikit mau meluruskan istilah hacker yang sering kita salah artikan bahkan salah dalam penggunaan. Hacking adalah seni, seni keamanan jaringan komputer, menurut mas Vairuzzadiij Fairuzzady yang mengambil tulisan dari Devilzc0de, Hacker bisa didefinisikan menurut "wilayah kerja" mereka :

1.Black Hat Hacker
Black Hat Hacker adalah jenis hacker yang menggunakan kemampuan mereka untuk melakukan hal-hal yang dianggap melanggar hukum dan merusak. ini adalah type hacker yang selalu digambarkan dan mendapatkan berita dari media masa akibat ulah mereka.Kelompok ini juga disebut sebagai cracker.

2.White Hat Hacker
White Hat Hacker adalah jenis hacker yang menggunakan kemampuan mereka untuk menghadapi Black Hat Hacker.Umumnya mereka adalah profesional-profesional yang bekerja pada perusahaan keamanan dan umumnya juga disebut sebagai security analys,security consultant,dlsb

3.Grey Hat Hacker
Grey Hat Hacker adalah jenis hacker yang bergerak diarea abu-abu,mereka adalah White Hat Hacker namun mereka juga bisa berubah menjadi Black Hat Hacker

4.Suicide Hacker
Suicide Hacker masih disebut hacker mitos,karena terorisme cyber belum begitu kelihatan.Gambaran Suicide Hacker bisa dilihat di film Die Hard 4 dimana hacker menguasai jaringan komputer sebuah negara sehingga bisa melakukan banyak hal untuk berbuat kekacauan,listrik dimatikan,satelit dikuasai,dll.Suicide Hacker bisa disetarakan dengan tindakan bom bunuh diri yang sempat marak,hacker jenis ini tidak takut dengan ancaman penjara 100 tahun sekalipun dan mempunyai tujuan melakukan kekacauan sebesar-besarnya

Menurut Eric Raymond hacker di definisikan sebagai  programmer yang pandai. Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik kepada masalah programming dan “hacking” adalah proses pembuatan-nya. Ada beberapa karakteristik yang menandakan seseorang adalah hacker,
seperti (1)  dia suka belajar detail  dari bahasa pemrograman atau system, (2) dia melakukan
pemrograman tidak cuma berteori saja, (3) dia bisa menghargai, menikmati hasil hacking orang lain, (4) dia dapat secara cepat belajar pemrogramman, dan (5) dia ahli dalam bahasa pemrograman tertentu atau sistem tertentu, seperti “UNIX hacker”, LINUX. (6). Seorang hacker adalah penulis yang baik, dia bisa menuangkan hasil eksploitasinya ke dalam bentuk tulisan.

Hacker memiliki etika dan aturan main, seorang hacker sejati akan selalu mentaati etika dan aturan main yang telah ditetapkan. Salah satu etika yang berhasil di formulasikan dengan baik ada  di   buku Hackers: Heroes of  the Computer Revolution, yang ditulis oleh Steven Levy  1984, ada
enam (6) etika yang perlu di resapi seorang hacker:

1.  Akses ke komputer dan apapun yang akan mengajarkan kepada anda bagaimana dunia ini
berjalan / bekerja harus dilakukan tanpa batas & totalitas. Selalu mengutamakan pengalaman
lapangan!
2.  Semua informasi harus bebas, terbuka, transparan, tidak di sembunyikan.
3.  Tidak pernah percaya pada otoritas, penguasa  – percaya pada desentralisasi.
4.  Seorang hacker hanya dinilai dari kemampuan hackingnya, bukan kriteria buatan seperti gelar, umur, posisi atau suku bangsa.
5.  Seorang hacker membuat seni & keindahan di komputer.
6.  Komputer dapat mengubah hidup anda menuju yang lebih baik.

Gambaran  umum  aturan main  yang  perlu di  ikuti seorang hacker  seperti di jelaskan oleh  Scorpio
http://packetstorm.securify.com/docs/hack/ethics/my.code.of.ethics.html, yaitu:

•  Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
•  Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan/ lubang di keamanan yang anda lihat.
•  Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
•  Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
•  Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan  sendiri.
•  Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.
•  Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
•  Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
•  Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack.
•  Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.

Jelas  dari Etika & Aturan  main Hacker  di  atas, sangat tidak mungkin seorang hacker betulan akan membuat kerusakan di komputer, blog ataupun website. Mereka yang mengaku telah melakukan deface website sebanyak ribuan kali, mereka yang mengatakan "aku telah berhasil nge-hack akun facebook temenku", dan mereka yang merusak sistem komputer, termasuk para pembuat virus bukanlah seorang hacker.

Seorang hacker sejati tidak merusak melainkan membangun sistem, hacker sejati tidak melakukan deface melainkan berusaha menambal security hole,..dan masih banyak lagi. So sekarang kembali pada diri kita masing masing, mau kemanakah arah belajar kita? mau jadi seorang hacker sejati (White Hat Hacker) kah atau mau jadi seorang lamer/cracker/Black Hat Hacker??

Jadilah Hacker bukan Cracker. Jangan sampai anda  terkena karma karena menggunakan  ilmu untuk merusak  milik orang lain

Diramu dari tulisannya salah satu white hat hacker Indonesia Onno W. Purbo:
Onno W Purbo (Belajar Menjadi hacker)
Onno W Purbo (Masyarakat Underground Dunia Maya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar